Senin, 26 April 2010

PROPOSAL PEMBANGUNAN MESJID NURUL IMAN KEL PUNGGALUKU





I. PENDAHULUAN

A. Selayang Pandang Gagasan Pembangunan /Renovasi Masjid NURUL IMAN Punggaluku

Bismillahirrahmanirrohim...

Assalamualaikum, Wr. Wb.

Begitu fitalnya fungsi sebuah masjid, sehingga ketika Rasulullah Muhammad SAW hijrah ke Madinah pertama kali yang dibangun adalah masjid.
Sejak pertama kali didirikan, Masjid oleh Rosulullah difungsikan sedemikian luas sehingga masjid tidak hanya menjadi tempat Ibadah Sholat dan ibadah mahdzoh saja, tetapi berbagai fungsi yang lain seperti dakwah, pendidikan, sosial, ekonomi, budaya dan lain sebagainya terpusat di masjid.
Dalam konteks zaman kapan pun, seyogyanya peran masjid tetap tak berubah sebagaimana yang dicontohkan Rosul di atas. Ia harus dapat berfungsi sebagai pusat pembinaan ummat, tempat penempaan aqidah masyarakat, pusat pencerahan wawasan, pusat pemberdayaan ekonomi ummat dan bahkan sebagai benteng handal pertahanan aqidah dan moral masyarakat dari upaya degradasi. Apalagi di zaman modern seperti sekarang di mana rambu-rambu moral sudah semakin kabur. Maka seyogyanya perhatian masyarakat Islam terhadap keberadaan masjid harus lebih besar lagi.
Untuk mewujudkan fungsi ideal tersebut di atas tentu saja dibutuhkan beberapa komponen pendukung baik sarana fisik maupun penanganan yang baik dari sumber daya manusia yang ada di sekitar sebuah masjid. Dari segi sarana fisik bangunan masjid yang ideal beserta seluruh fasilitasnya harus memadai sehingga fungsi-fungsinya yang ideal dapat terlaksana.
Dengan memohon rahmat & ridho Allah SWT, kami yakin kaum Muslimin / Muslimat dimanapun berada akan berpartisipasi mendukung gagasan kami. Sehingga dengan kebersamaan itulah kami optimis bahwa upaya penyempurnaan bangunan masjid NURUL IMAN Punggaluku dapat terealisasi dalam waktu yang tidak terlalu lama.
Akhirnya kami atas nama Panitia Percepatan Pembangunan Masjid NURUL IMAN Punggaluku tak lupa menghaturkan “jazakumullah khoiron katsiron” kepada semua pihak yang tergerak hatinya serta ikut berpartisipasi mendukung, baik dari segi moral-spritual maupun fisik-material sehingga turut memperlancar proses perwujudan Masjid NURUL IMAN Punggaluku yang akan menjadi kebanggaan dan kita rindukan.
Tak lupa pula kami harurkan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Sultra H. Nur Alam, SE yang telah bersedia memberikan bantuan berupa uang tuani Rp. 50.000.000,- guna perenovasian/pembangunan sampai tahap ketiga ini.
Hanya kepada Allah ‘Azza wa Jalla saja kami kembalikan segala urusan. Hasbunallahu wa ni’mal waqiil.

B. Dasar Pemikiran

Karakter ajaran Islam bagi kehidupan manusia dan alam sekitarnya adalah Insan Kamil. Manusia yang mengedepankan ahlaq emosional, intelektual dan perilaku kehidupan sehari-hari, baik dalam konteks hubungan kepada Allah (Hablun minallah), hubungan dan sesama manusia (Hablumminannas). Pembentukan karakteristik muslim dalam ajaran Islam, sangat beragam metodenya antara lain :

1. Pendidikan Informal (Pembinaan yang dilakukan oleh keluarga dan masyarakat).
2. Pendidikan formal (Pendidikan yag dilakukan oleh lembaga-lembaga pendidikan).

Pembinaan-pembinaan kearah pembentukan manusia kaaffah (Insan Kamil) dimaksud, membutuhkan sarana yang representative dan mampu menggugah semangat Spiritual untuk beribadah baik ibadah mahdhoh maupun ghoiru mahdhoh (Vertikal dan Horisontal).
Seiring Perkembangan penduduk serta lingkungan di sekitar Masjid NURUL IMAN Punggaluku yang semakin padat menuntut adanya sarana dan prasana yang dapat menunjang peran dan fungsi Masjid tersebut dan juga berada di Jalan utama yang merupakan jalur transportasi bagi kaum musafir yang akan singgah tuk melaksanakan ibadah. Oleh karena itu Panitia Pembangunan Masjid NURUL IMAN Punggaluku serta masyarakat muslim sekitar, berniat untuk melakukan renovasi Masjid NURUL IMAN Punggaluku tersebut dengan harapan Masjid ini dapat berfungsi lebih maksimal.

C. Tujuan

Dari semua aktifitas yang dilakukan di dalam komunitas Masjid NURUL IMAN Punggaluku dan upaya melakukan pengembangannya tidak lain bertujuan untuk mencari Ridho Allah dan menjadi bagian dari rahmatan lil’alamin yang menjadi sifat ajaran islam, yang mencakup beberapa hal sebagai berikut:

- Memberikan fasilitas peribadatan yang layak untuk para musafir dan masyarakat muslim di Kel. Punggaluku dan sekitarnya.
- Memberikan sarana pendidikan yang efektif bagi generasi penerus agama Islam guna meningkatkan wawasan dan pemahaman akan ilmu-ilmu agama Islam.
- Memberikan sarana bagi peningkatan ibadah dan ukhuwah diantara warga masyarakat agar tercipta ummat yang beriman bertaqwa kepada Allah SWT.
- Memenuhi kebutuhan akan tempat penyelenggaraan kegiatan-kegiatan ibadah Islam yang lebih besar dengan daya tampung yang lebih banyak
- Struktur bangunan yang yang lebih baik dan lebih kokoh untuk pemakaian jangka panjang.

D. Kegiatan Masjid Nurul Iman Punggaluku

Masjid Nurul Iman Punggaluku selain menjadi tempat Sholat 5 waktu juga telah meluaskan fungsinya ke bidang-bidang lainnya sebagai berikut:
Bidang Ibadah:
- Tempat beribadah Sholat 5 waktu, Sholat Jumat, Sholat Ied, sholat Tarawih pada bulan Romadhon, sholat sunnah rowatib dan sholat-sholat sunnah lainnya.
- Tempat Dzikir dan berhmuhasabah, dan berdoa bersama, saling mendoakan antar masyarakat, dll.
Bidang Pendidikan:
- Melakuakan Pengajian (yang diselenggarakan Sore Hari dan Malam hari)
- Pendidikan Tahsin Al-Qur’an anak-anak yang diselenggarakan setiap ba’da Maghrib.
Bidang Ta’lim & Da’wah:
- Majelis Ta’lim Ibu-Ibu yang melakukan pengajian rutin setiap hari Sabtu & malam Jumat.
- Majelis Ta’lim Bapak-Bapak; kegiatan Pengajian Tafsir Al-Quran & Fiqih setiap malam Jumat.
- Kajian Bulanan Tematik
- Kajian pada setiap hari besar Islam.
Bidang Sosial / Kesejahteraan Ummat
- Menerima dan menyalurkan Zakat Fitrah, Zakat Maal, Infak dan Shodakoh dari Masyarakat Muslim kepada kaum dhuafa yang berhak menerimanya.
- Menyelenggarakan dan menyalurkan hewan Qurban kepada fakir miskan di lingkungan sekitar masjid, rata-rata 2 sapi dan 15 kambing setiap Idul Adha.
- Santunan Anak Yatim; memberikan santunan anak yatim kepada sekitar 15 anak yatim/piatu setiap 3 bulan sekali, dan 3 orang anak setiap bulan sebagai beasiswa.
- Santunan kematian dan penyelenggaraan pengurusan Jenazah sebagai upaya meringankan beban warga yang mendapat musibah kematian.
Bidang Hubungan Masyarakat
- Menerbitkan Buletin bulanan sebagai media komunikasi dan informasi antar masyarakat dan sebagai media dakwah.
- Masjid digunakan sebagai pusat informasi dan tempat musyawarah untuk membahas berbagai masalah yang terdapat dalam masyarakat.
Bidang Remaja & Anak-anak
- Himpunan Remaja Muslim beserta kegiatannya
- Trainning Remaja melalui kegiatan Pesantren Kilat, dll.
- Seni Marawis & nasyid.
Bidang kegiatan yang dalam tahap rencana antara lain:
- Membuat perpustakaan / Taman Bacaan
- Trainning Dasar Kepemimpinan Remaja
- Training Dasar Dakwah bagi Remaja
- Trainning ketrampilan komputer, dll.

II. PERENCANAAN PEMBANGUNAN

A. Lokasi
Masjid Nurul Iman Kel Punggaluku ini berlokasi di Kelurahan Punggaluku, Kecamatan Laeya, Kabupaten Konawe Selatan, Propinsi Sulawesi Tenggara - Indonesia

B. Luas dan Bentuk Bagunan
Luas Bangunan Masjid Nurul Iman saat ini secara keseluruhan adalah 360 M2, beberapa proses pembangunan tersebut adalah sebagai berikut:

a. Membangun Teras Mesjid.
b. Mengganti struktur menjadi tiang cakar ayam dan sloop beton teras mesjid yang sudah lapuk dimakan usia.
c. Membuat Kubah 2 (dua) buah, Kubah Utama dan Kubah Mihrab.
d. Membangun Menara Air.
e. Menggatikan kerangka atap keseluruhan bagunan Masjid dengan cor roof.
f. Memisahkan tempat wudhu Pria dan Wanita, dimana kondisi saat ini masih menyatu dalam ruangan yang sama.
g. Membuat ruang gudang & sekretariat.

C. Desain Dan Arsitektur

Desain arsitektur Masjid Nurul Iman Punggaluku dapat dilihat dalam lampiran I.

D. Waktu Pelaksanaan

Pelaksanaan Pembangunan Masjid NURUL IMAN Punggaluku akan dimulai pada bulan Mei 2010 dengan pembuatan Kubah dan direncanakan selesai dalam waktu secepatnya.

III. ANGGARAN BIAYA

A. Biaya Pembangunan
Untuk melaksanakan pembangunan Masjid Masjid Nurul Iman Punggaluku ini diperlukan biaya sebesar kurang lebih Rp.450.000.000,- Rincian Anggaran terlihat dalam tabel terlampir.

B. Sumber Dana
Saldo Kas Masjid Nurul Iman Punggaluku Rp. 10.000.000,-
Bantuan Gubernur Sultra Rp. 50.000.000,-
Kebutuhan dana selanjutnya Rp. 390.000.000,-
Mengingat cukup besarnya dana yang dibutuhkan, sedangkan kemampuan kami warga muslim Kel. Punggaluku sangat terbatas, maka kami mengharapkan bantuan sumber dana; diantaranya dari :

1. Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Selatan
2. Gubernur Propinsi Sulawesi Tenggara
3. Pemerintah Daerah Propinsi Sulawesi Tenggara
4. Kedutaan-keduataan Negara Timur Tengah
5. Para Dermawan / Donatur

IV. PENUTUP

Demikian proposal permohonan bantuan Pembangunan Masjid NURUL IMAN Punggaluku ini kami sampaikan, atas perhatian dan bantuannya kami mengucapkan terima kasih, semoga Allah SWT selalu memberikan kita kesehatan Jasmani & Rohani, Rizki yang luas dan keselamatan dunia & akhirat. Amiin ya Robbal Alamin.
Wassalamulaikum Wr, Wb.
Hormat kami,
Panitia Percepatan Pembangunan Masjid NURUL IMAN Punggaluku

PENASEHAT : Samsu Anaopa, BA
H. Hasanuddin Ambelino.
H. Yusuf.
H. Arsyad Amheka.
H. Kasim Kakayo
H. Syarifuddin Pariwusi
KETUA : Rasyid, S.Sos
SEKRETARIS : Agus Zainal Tamburaka, S.Sos
WAKIL SEKRETARIS : Ruslan Arsyad.
BENDAHARA : Hadismar, S.Pi.
SEKSI TEKNIS :
Rus’an Moni
Herry Riauwan R.
Muh. Ashiddiq Mondakari
Efendi Rahmat
Sekretariat:
Masjid NURUL IMAN Punggaluku
Kec. Laeya – Konawe Selatan. Telp. Hp. 081245868990
Blog : http://laeya-punggaluku.blogspot.com
http://www.enaldtamburaka.wordpress.com
Email: enald12pglk@gmail.com
enald_pglk@ymail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar